Operasi Hitung Campuran Berbagai Bentuk Pecahan

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Operasi Hitung Campuran Berbagai Bentuk Pecahan, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Operasi Hitung Campuran Berbagai Bentuk Pecahan

lihat juga


Operasi Hitung Campuran Berbagai Bentuk Pecahan

Dalam kesempatan ini akan kami berikan materitentang cara melakukan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, danpembagian berbagai bentuk pecahan. Operasi hitung pecahan ini telah dipelajari di kelas IV, V dan VI SD/MI.

Bentuk operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) berbagai bentuk/jenis pecahan ini sering dimasukkan dalam soal ujian nasional/sekolah. Jadi, pada kesempatan yang baik ini akan kami bahas tentang itu.

Pada artikel yang lain sudah dibahas tentang pecahan senilai dan cara mengubah berbagai bentuk pecahan. Dengan demikian, dengan dasar pelajaran itu maka akan mudah dalam melakukan operasi hitung berbagai bentuk pecahan.


1. Penjumlahan dan Pengurangan Berbagai Bentuk Pecahan

Langkah-langkah menjumlah dan mengurangkan pecahan bentuk berbeda.

a. Ubahlah pecahan menjadi pecahan sejenis.

b.  Setelah sama, selesaikanlah sesuai cara yang sudah diberikan.
Contoh:

2. Perkalian dan Pembagian Berbagai Bentuk Pecahan

Langkah-langkah mengalikan dan membagi berbagai bentuk (jenis) pecahan sebagai berikut.

a. Ubahlah pecahan menjadi pecahan sejenis.

b.  Setelah sama, kalikan atau bagilah sesuai dengan cara-cara yang benar.
Contoh:



3. Operasi Hitung  Campuran Berbagai Bentuk Pecahan

Dalam melakukan operasi hitung campuran bilangan pecahan, aturan langkah-langkahnya seperti pengerjaan cacah.
Langkah-langkahnya sebagai berikut.
1) Dahulukan pengerjaan dalam kurung.
2) Setela itu, kerjakan operasi perkalian/pembagian . Jika hanya terdapat perkalian dan pembagian, maka lakukan pengerjaan dari depan.
3) Lakukan pengerjaan penjumlahan/pengurangan. Jika hanya terdapat penjumlahan dan pengurangan, lakukan pengerjaan dari depan.
4) Perkalian dan pembagian memeliki kedudukan yang sama.
5) Penjumlahan dan pengurangan memiliki kedudukan yang sama.

Perlu diingat bahwa, Sebelum melakukan langkah-langkah tersebut, Ubahlah pecahan-pecahan tersebut menjadi pecahan yang sejenis.
Setelah itu kerjakan sesuai dengan cara yang benar.

baca juga Materi Matematika Tentang Trik Matematika Kalender Lengkap
Blogger
Disqus

No comments